Pentingnya Generasi Z Mengetahui Konvergensi Media Masa Kini




Perkembangan media baru diera teknologi komunikasi yang semakin canggih, memunculkan sebuah fenomena baru yang disebut konvergensi media. Teori ini diperkenalkan Henry Jenkins dalam bukunya Convergence CultureWhere Old and New media Collide pada tahun 2006.

Henry Jenkins menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang terjadi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat. Konvergensi media ini menyatukan 3C, yaitu computing (memasukkan data melalui komputer), communication (komunikasi), dan content (materi/isi konten).

Secara global konvergensi media merupakan sebagai penggabungan industri media, telekomunikasi, dan komputer menjadi sebuah bentuk yang bersatu dalam bentuk digital. konvergensi sendiri dapat mengubah hubungan antara teknologi, industri, dan gaya hidup seseorang. oleh karena itu konvergensi media mempunyai beberapa contoh, yaitu, Penerbit buku, surat kabar, majalah, stasiun TV, radio, musik, film, dan hiburan.

Konvergensi media memiliki lima tahapan proses yaitu: 

1. Cross-promotion:Tahap dimana platform saling memperkenalkan antar media.

2. Cloning: Konten satu media diduplikasi dan diperbanyak untuk dimuat di media lain sebagaimana aslinya.

3. CompetitionTahap ketika media yang terkonvergensi saling bekerja sama.

4. Content SharingMedia yang terkonvergensi saling berbagi konten dalam banyak bentuk pengemasan ulang.

5. Full ConvergenceTahap ketika media yang berbeda bekerja sama secara penuh, baik  dalam hal penginputan konten, produksi.

 

Contoh Konvergensi Media Nasional :


1. Metro Tv


Metro Tv merupakan televisi berita pertama di indonesia yang mulai mengudara sejak tahun 2000. Metro Tv adalah anak perusahaan dari Media group yang dimiliki oleh Surya Paloh, dalam bermuatan berita seperti, kemajuan teknologi, kesehatan, pengetahuan umu, seni dan budaya untuk mencerdaskan bangsa.




2. Sindo.com

 

Salah satu portal berita besar dan berpengaruh yang memiliki gen korban sindo. Portal ini berdiri pada 4 juli 2012, dibawah manajemen PT. Sindonews Portal Indonesia ( SPI). Kekuatan sindonew adalah berada dalam naungan Mnc Group dimana MNC GROUP merupakan salah satu group media terbesar Asia tenggara yang di pimpin oleh Bapak Harry  Tanoesoedibjo.






 3. Tempo.CO  



Tempo.co didirikan pada tahun 1996 oleh Yusril Djalinus, Bambang Bujono, S. Prinka, dan Saiful B. Ridwan dengan nama Tempointeraktif. Sebelumnya, PT Tempo Inti Media, Tbk. telah melahirkan majalah  mingguan tempo yang mengalami pemberedelan selama dua kali pada masa Orde Baru. 








Contoh Konvergensi Internasional :

1. Cabel New Network/ CNN 



Merupakan saluran televisi pertama yang menyiarkan liputan berita 24 jam dan seluruh televisi berita pertama di Amerika Serikat, yang didirikan pada tahun 1980.

2. The New York Times



Merupakan surat kabar harian Amerika Serikat dan salah satu surat kabar yang paling bergengsi dan berpengaruh didunia. The New York Times didirikan pada tahun 1851 media konvesional yang telah bertransformasi menjadi multiplatform seiring berjalannya waktu.

3. Vice Media



Merupakan perusahaan media yang berasal dari Montreal, Kanada pada tahun 1994, vice Media awalnya hanya bergerak dari penulisan dan penerbitan majalah cetak dan situs  berita sederhana yang fokus utama kontennya adalah seni dan budaya.


Sumber : 

-Youtube 

- romelteamedia.com

-kompasiana.com