Sumber: Tech.Crunch.com |
Aplikasi yang sering kali disebut warganet ''Si Burung Biru'' ini didirikan pada tanggal 15 juli 2006 oleh perusahaan podcasting yang berpusat di San Francisco, Odeo. Konsep logo twitter sendiri terinspirasi oleh salah satu suara burung yang sedang melintas dan akhirnya diadopsi oleh pemilik perusahaan tersebut yang bernama Evan Williams.
Dalam waktu enam bulan setelah peluncuran, twitter telah menjandi layanan go public dan para pendiri memberlakukan batas 140 karakter untuk menuliskan pesan, berdasarkan batas maksimum pesan pada saat itu. Kemudian penulisan di perluas menjadi 280 karakter, pada tahun 2013 twitter meraih kesuksesan hingga saat ini. New York Times melaporkan bahwa perusahaan memiliki 3500 karyawan dan lebih dari 200 juta pengguna aktif. Pada bulan november 2013 Perusahaan go public, tercatat bernilai dari 31 miliar dolas AS. (republika.co.id)
Dan tidak hanya fitur menuliskan pesan, twitter meriliskan suatu fitur terbarunya yang bernama Spaces pada bulan mei 2021 lalu. Fitur yang satu ini terinspirasi oleh salah satu apps yang bernama Club House. Apakah kalian tau apa itu Club house ? Nah club house ini merupakan salah satu plarform audio sosial yang sempat naik daun untuk mempromosikan bisnis online. Sayangnya, club house ini bersifat ekslusif hanya pengguna IOS saja yang mampu menggunakannya.
Sumber: Twitter.com |
(1) Membuat event jadi lebih mudah
(2) Meningkatkan Reputasi Brand
(3) Menambah Insight Bisnis
(4) Mendapatkan Feedback Seputar Produk Baru
Tidak hanya manfaat untuk menggunakan fitur space ini, kita juga harus menggunakan strategi marketing untuk memikat para pembeli, dan membentuk suatu event. Bagaimana contohnya? simak sebagai berikut :
(1) Thought Leadership
Konsep thought leadership merupakan suatu konsep untuk membahas topik-topik mengenai produk anda dengan cara menggelarkan suatu webinar dan diskusi panel.
(2) Question and answer (Q&A) dan Ask Me Anything (AMA)
Tidak hanya para pengguna instagram stories, fitur ini juga bisa menggunakan sesi tanya jawab untuk memudahkan para pengguna untuk bertanya mengenai suatu produk baru.
(3) Peluncuran Produk
Twitter spaces juga cocok untuk digunakan meluncurkan produk baru, caranya dengan anda mengundang para pelanggan setia anda dan berikan jawaban secara real time, maka dari itu para audiens mampu mengeksplor produk anda dan sekaligus mempromosikan produk terbaru anda.
(4) Giveaway
Para pengguna twitter spaces biasanya tertarik dengan adanya sebuah giveaway, dan biasanya para audiens penasaran thema apa yang di pakai oleh suatu produk tersebut, dengan cara bermain kuis kah ? atau tantangan yang bikin para audiens untuk mengikuti giveaway tersebut.
Nah sekarang kalian uda tau kan, apa maanfaat twitter spaces untuk para pengguna yang ingin berkesempatan berbisnis di aplikasi twitter. Dan kesempatan kali ini saya akan mengajak kalian untuk mengetahui cara menggunakan twitter spaces :
Berikut ini cara menggunakan aplikasi twitter spaces :
(1) Buat Ruang Obrolan ( Spaces )
Pertama, klik dan tahan ikon add di profile twitter anda, kemudian Klik ikon spaces.
Sumber: Youtube Dusty Poter |
Setelah seperti itu, berikan nama ruang obrolan anda. Misalnya, tutorial. Kemudian klik Start your space.
Sumber: youtube Dusty Poster |
Sumber: Youtube Dusty Porter |
Setelah microphone aktif, Klik ikon Options. Setelah itu klik Adjust Settings.
Sumber: Youtube Dusty Porter |
Setelah anda menemukan pilihan pengaturan pembicara. Berikut ini opsi pengaturan beserta fungsinya:
- Everyone : Merupakan semua pengguna twitter, meskipun bukan followers anda dan boleh menjadi pembicara.
- People You Follow : Hanya followers twitter anda yang boleh menjadi pembicara.
- Only People You Invite To Speak : Pengguna yang boleh menjadi pembicara dan hanya orang yang di undang.
(2) Atur Akses Pembicara
Setelah spaces ruang obrolan jadi, saatnya mengundang pembicara dan pendengar.
Pertama-tama, Klik back menuju opsi awal, kemudian klik ikon people untuk masuk ke opsi pengetauran pembicara dan audiens.
Sumber: Youtube Dusty Porter |
Sumber: Youtube Dusty Porter |
Sumber: Youtube Dusty Porter |
Sumber: Youtube Dusty Porter |
Nah setelah kita melakukan proses yang susah kita lalui, kita akan kembali lagi ke beranda. Spaces siap untuk dimulai! Tampilan timeline twitter anda ketika spaces sedang dimulai.
Sumber: Youtube Dusty Porter |
Saat obrolan spaces sedang berlangsung, anda tentu saja bisa mengatur giliran berbicara antar pembicara dengan cara klik ikon speaker disebelah username pembicara.
Jika audiens mengrequest menjadi pembicara, anda tentu akan mendapatkan notifikasi dan anda bisa menerima atau menolak requestsan tersebut.
Dan ada bebas menghapus audiens maupun pembicara yang tidak aktif, caranya dengan klik remove disamping username pembicara.
Jika salah satu audiens berbicara yang tidak sopan anda bisa melakukan mute atau blok. Sehingga spaces akan menjadi lebih kondusif.
(5) Mengakhiri Spaces
Setelah anda melakukan space, saatnya and akhiri dengan mencet tombol end. Pada opsi kiri space anda.
Sumber: Youtube Dusty Porter |
Twitter akan menyimpan data obrolan anda selama 30 menit setelah space di akhiri. (niagahoster.co.id)
Sumber :
-https://www.niagahoster.co.id/blog/twitter-spaces-adalah/#Apa_itu_Twitter_Spaces
- Republika.co.id
-Tech.crunch.com
-Youtube Dusty Porter
- Twitter.com
Komentar
Posting Komentar