Fitur Spaces Twitter Mampu Memikat Para Remaja Milenial

 

Sumber: Tech.Crunch.com


Aplikasi yang sering kali disebut warganet ''Si Burung Biru'' ini didirikan pada tanggal 15 juli 2006 oleh perusahaan podcasting yang berpusat di San Francisco, Odeo. Konsep logo twitter sendiri terinspirasi oleh salah satu suara burung yang sedang melintas dan akhirnya diadopsi oleh pemilik perusahaan tersebut yang bernama Evan Williams.

Dalam waktu enam bulan setelah peluncuran, twitter telah menjandi layanan go public dan para pendiri memberlakukan batas 140 karakter untuk menuliskan pesan, berdasarkan batas maksimum pesan pada saat itu. Kemudian penulisan di perluas menjadi 280 karakter, pada tahun 2013 twitter meraih kesuksesan hingga saat ini. New York Times melaporkan bahwa perusahaan memiliki 3500 karyawan dan lebih dari 200 juta pengguna aktif. Pada bulan november 2013 Perusahaan go public, tercatat bernilai dari 31 miliar dolas AS. (republika.co.id)

Dan tidak hanya fitur menuliskan pesan, twitter meriliskan suatu fitur terbarunya yang bernama Spaces pada bulan mei 2021 lalu. Fitur yang satu ini terinspirasi oleh salah satu apps yang bernama Club House. Apakah kalian tau apa itu Club house ? Nah club house ini merupakan salah satu plarform audio sosial yang sempat naik daun untuk mempromosikan bisnis online. Sayangnya, club house ini bersifat ekslusif hanya pengguna IOS saja yang mampu menggunakannya. 

Sumber: Twitter.com

Pada akhirnya twitter meriliskan fitur spaces untuk mempermudahkan para pengguna'' Burung biru''. Jadi buat kalian para pengguna android tidak usah khawatir, karena aplikasi twitter terdapat spaces yang berupa seperti club house. Tidak hanya itu spaces juga dijadikan tempat usaha oleh para businessman kali ini aku bakal ajak kalian untuk mengetahui  manfaat fitur spaces untuk para pembisnis :

(1) Membuat event jadi lebih mudah 

(2) Meningkatkan Reputasi Brand

(3) Menambah Insight Bisnis

(4) Mendapatkan Feedback Seputar Produk Baru 

Tidak hanya manfaat untuk menggunakan fitur space ini, kita juga harus menggunakan strategi marketing untuk memikat para pembeli, dan membentuk suatu event. Bagaimana contohnya? simak sebagai berikut :

(1) Thought Leadership

Konsep thought leadership merupakan suatu konsep untuk membahas topik-topik mengenai produk anda dengan cara menggelarkan suatu webinar dan diskusi panel.

(2) Question and answer (Q&A) dan Ask Me Anything (AMA)

Tidak hanya para pengguna instagram stories, fitur ini juga bisa menggunakan sesi tanya jawab untuk memudahkan para pengguna untuk bertanya mengenai suatu produk baru.

(3) Peluncuran Produk 

Twitter spaces juga cocok untuk digunakan meluncurkan produk baru, caranya dengan anda mengundang para pelanggan setia anda dan berikan jawaban secara real time, maka dari itu para audiens mampu mengeksplor produk anda dan sekaligus mempromosikan produk terbaru anda.

(4) Giveaway 

Para pengguna twitter spaces biasanya tertarik dengan adanya sebuah giveaway, dan biasanya para audiens penasaran thema apa yang di pakai oleh suatu produk tersebut, dengan cara bermain kuis kah ? atau tantangan yang bikin para audiens untuk mengikuti giveaway tersebut. 

Nah sekarang kalian uda tau kan, apa maanfaat twitter spaces untuk para pengguna yang ingin berkesempatan berbisnis di aplikasi twitter. Dan kesempatan kali ini saya akan mengajak kalian untuk mengetahui cara menggunakan twitter spaces :

Berikut ini cara menggunakan aplikasi twitter spaces :

(1) Buat  Ruang Obrolan ( Spaces )

Pertama, klik dan tahan ikon add di profile twitter anda, kemudian Klik ikon spaces.

Sumber: Youtube Dusty Poter

Setelah seperti itu, berikan nama ruang obrolan anda. Misalnya, tutorial. Kemudian klik Start your space.

Sumber: youtube Dusty Poster 

Lalu, klik ikon microphone untuk mengaktifkan suara anda.


Sumber: Youtube Dusty Porter


Setelah microphone aktif, Klik ikon Options. Setelah itu klik Adjust Settings.

Sumber: Youtube Dusty Porter 

Setelah anda menemukan pilihan pengaturan pembicara. Berikut ini opsi pengaturan beserta fungsinya:

- Everyone : Merupakan semua pengguna twitter, meskipun bukan followers anda dan boleh menjadi pembicara.

- People You Follow : Hanya followers twitter anda yang boleh menjadi pembicara.

- Only People You Invite To Speak : Pengguna yang boleh menjadi pembicara dan hanya orang yang di undang.


(2) Atur Akses Pembicara

Setelah spaces ruang obrolan jadi, saatnya mengundang pembicara dan pendengar.

Pertama-tama, Klik back menuju opsi awal, kemudian klik ikon people untuk masuk ke opsi pengetauran pembicara dan audiens.

Sumber: Youtube Dusty Porter


Klik add speakers untuk masuk ke opsi selanjutnya.

Sumber: Youtube Dusty Porter

Setelah itu yang anda lakukan adalah menemukan pengaturan untuk menambahkan pembicara. Ketik username pada pembicara dikolom pencarian. Lalu, Klik Invite.

Sumber: Youtube Dusty Porter


(3) Undang Audiens 
Setelah kita mengundang pembicara, kali ini kita bakal undang audiens.

Dan kali ini kita bakal kembali ke opsi Space anda. Kemudian klik ikon share. Lalu pilih opsi link undang audiens sesuai kebutuhan anda, yaitu sebagai berikut :

- Invite viam Dm : Anda bisa mengundang pengguna twitter lainnya, baik followers maupun bukan melalui sebuah DM.
- Share via Tweet : Anda bisa melakukan sebuah undangan followers dengan menggunakan sebuah tweet
- Copy Link : Anda bisa menyebarkan sebuah link untuk panggilan sebuah undangan. 

Sumber: Youtube Dusty Porter

Dan perlu anda ingat untuk mengundang minimal 10 pengguna dalam ruang obrolan anda sebagai audiens. 

(4) Melalui Spaces 

Nah setelah kita melakukan proses yang susah kita lalui, kita akan kembali lagi ke beranda. Spaces siap untuk dimulai! Tampilan timeline twitter anda ketika spaces sedang dimulai.

Sumber: Youtube Dusty Porter 

Saat obrolan spaces sedang berlangsung, anda tentu saja bisa mengatur giliran berbicara antar pembicara dengan cara klik ikon speaker disebelah username pembicara.

Jika audiens mengrequest menjadi pembicara, anda tentu akan mendapatkan notifikasi dan anda bisa menerima atau menolak requestsan tersebut.

Dan ada bebas menghapus audiens  maupun pembicara yang tidak aktif, caranya dengan klik remove disamping username pembicara.

Jika salah satu audiens berbicara yang tidak sopan anda bisa melakukan mute atau blok. Sehingga spaces akan menjadi lebih kondusif.

(5) Mengakhiri Spaces 

Setelah anda melakukan space, saatnya and akhiri dengan mencet tombol end. Pada opsi kiri space anda.

Sumber: Youtube Dusty Porter


Twitter akan menyimpan data obrolan anda selama 30 menit setelah space di akhiri. (niagahoster.co.id)

Begitulah penjelasan tentang twitter spaces, fitur terbaru milik twitter yang kini sudah dapat kamu nikmati. Ingat saja bahwa aplikasi ini serupa dengan clubhouse yang dimana kamu bisa melakukan berinteraksi oleh siapapun, dengan mencurahkan berbagai ide konten kreatif.




Sumber : 

-https://www.niagahoster.co.id/blog/twitter-spaces-adalah/#Apa_itu_Twitter_Spaces

- Republika.co.id

-Tech.crunch.com

-Youtube Dusty Porter

- Twitter.com

Komentar